Goes To School (GTS)

HMJTK GTS #4

Kemajuan teknologi yang pesat sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Terlebih lagi kecanggihan teknologi IOT yang ada pada saat ini membuat alat-alat eletronik untuk bisa terhubung dengan internet dan secara otomatis menjalankan perintah sesuai program yang diinginkan user. Kecanggihan semacam itu akan sangat menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan jika dimanfaatkan dengan optimal. Kita tidak bisa lagi menutup mata terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita harus bisa menempatkan diri agar tidak tertinggal lebih jauh lagi oleh negara-negara maju. Maka dari itu kami mengadakan kegiatan HMJTK Goes To School atau biasa disebut dengan HMJTK GTS.

Kegiatan HMJTK GTS ini adalah kegiatan pelatihan ke sekolah-sekolah yang berada di Yogyakarta dengan narasumber dari Pengurus Harian HMJTK khususnya Bidang Keahlian. Kegiatan HMJTK GTS ini merupakan proker regular yaitu program kerja HMJTK yang telah dilaksanakan dari tahun ke tahun. Namun dalam masa pandemi tahun 2021 ini, kegiatan HMJTK GTS terpaksa tidak bisa terlaksana karena acara HMJTK GTS diadakan secara offline di sekolah sekolah dengan melakukan pelatihan dengan keperluan alat-alat yang disediakan panitia HMJTK GTS seperti kit arduino, modul wifi, dan perangkat elektronika lainnya.

 Hingga saat ini HMJTK GTS telah terlaksana hingga GTS #4. Dan pada GTS #4 kami mengangkat tema “Reach Your Dream, For The Bright Future With IOT” yang dilaksanakan pada 01 Februari s.d 07 Maret 2020 dan diikuti oleh 113 peserta dari beberapa sekolah yang bekerjasama dengan HMJTK antara lain :

1. SMK Negeri 1 Tempel (01 Februari)

2. SMK Muh. 1 Prambanan Klaten (22 Februari)

3. SMK Muh. 2 Bantul (29 Februari)

4. SMK Negeri 1 Bantul (07 Maret)

Dalam setiap kegiatan HMJTK GTS kami mengambil peran kepanitiaan dari Anggota Muda HMJTK dan didampingi oleh PH (Pengurus Harian HMJTK). Dimana selain memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta, juga bermanfaat bagi Anggota Muda untuk memperoleh pengalaman dan menggali minat bakat serta skill di dalam kepanitiaan ini, karena panitia selain merencanakan dan merancang acaranya, juga mendapat materi terlebih dahulu dan belajar sehingga dalam hari-H pelaksanaan turut serta dalam membantu siswa-siswi smk dalam praktek saat melaksanakan pelatihan bilamana ada kesulitan dan kendala.

Kegiatan HMJTK GTS ini mempunyai maksud dan tujuan antara lain sebagai berikut :

 Maksud

  1. Kegiatan GTS #4 ini memiliki maksud untuk pembentukan anggota yang memiliki skill handal di bidang komputer
  2. Kegiatan ini diharapkan mampu bermanfaat untuk menumbuhkan minat dan bakat peserta khususnya tentang IOT.

Tujuan

Kegiatan HMJTK GTS #4 ini memiliki tujuan untuk:

a. Terbentuknya karakter pemimpin yang jujur, bertanggung jawab dan

mampu mengayomi dalam berorganisasi.

b. Memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer

lebih dekat kepada mahasiswa jurusan Teknik Komputer.

c. Memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer

lebih dekat kepada SMK yang akan dituju.

d. Menjadikan Anggota muda memahami materi yang ada dalam jurusan

Teknik Komputer.

e. Mempererat komunikasi antar mahasiswa jurusan Teknik Komputer

dengan Pengurus HMJ Teknik Komputer sehingga aspirasi – aspirasi

mahasiswa dapat disampaikan dengan baik.

f. Memberi pemahaman bagi peserta mengenai materi IOT dan penerapannya.

Suksesnya acara ini tak lepas dari bantuan dan kerjasama dari seluruh pihak yang terkait. Semoga dengan telah diadakannya HMJTK GTS #4 dengan tema “Reach Your Dream, For The Bright Future With IOT” kepada para peserta diharapkan bisa terus dipelajari dan menemukan minat baru serta mengembangkan bakat minat peserta.

Dan berikut adalah dokumentasi keceriaan HMJTK GTS #4 :

GTS#4 di SMKN 1 TEMPEL

GTS#4 di SMK Muh. 1 Prambanan Klaten

GTS#4 di SMK Negeri 1 Bantul

GTS#4 di SMK Muh. 2 Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top